Contoh Menyampaikan Kritik Agar Artikel Jadi Bertenaga

trend fotografi di indonesia
Trend Fotografi di Indonesia (Bagian 2)
April 29, 2019

Pasti kalian tahu istilah kritik, bukan? Paling tidak mendengar dari kawan-kawan ketika kuliah. Nah, karena itu kami bekerja sama dengan Academik Indonesia untuk menerbitkan contoh kritik. Mengapa ini kami terbitkan? Banyak yang meminta ke kami untuk menulis artkel tentang kritik. Bagi kami sendiri awalnya heran mengapa begitu banyak yang meminta kami untuk menulis ini. Tapi setelah kami pikir lagi memang ini sangat penting ketika menulis. Sikap kritis sangat diperlukan dalam menulis. Tetapi tidak hanya berpikir melainkan juga menulis. Karena itu jelas saja bahwa tulisan ini membantu pembaca untuk mengetahui cara membuat artikel atau yang lebih spesifik lagi dalam hal kritik.

Pasti Anda sering mendengar kata kritik jika sedang melakukan sesuatu yang ternyata terdapat kesalahan. Ya, seseorang memang tidak pernah luput dari sebuah kritikan. Lalu seperti apa pengertian kalimat kritik dan contoh kritik yang sekiranya membangun?

Contoh kritik di bawah ini akan menjelaskan kalimat-kalimat kritikan dan juga teks yang berisi kritik. Tentu saja kritik yang membangun harus disampaikan dengan kalimat yang tidak menyinggung. Berikut adalah ulasan mengenai contoh kritik.

Pengertian Kritik

Pendapat yang menanggapi disertai berbagai alasan atau pertimbangan baik-buruk terhadap suatu hal dinamakan kritik. Adapun kalimat kritikan berarti kalimat yang isinya pendapat baik melalui lisan maupun tulisan yang disertai dengan alasan baik buruknya suatu hal.

Ketika hendak mengkritik maka Anda haruslah bersikap objektif. Berikut adalah contoh kalimat kritik :

  1. Seharusnya para guru hanya memberikan maksimal 2 tugas kepada siswanya dari dua mata pelajaran dalam sehari, agar siswa menjadi lebih fokus dalam pembelajaran yang lain.
  2. Sebaiknya presiden memikirkan kembali rencana menaikkan harga BBM, karena hal itu akan memberatkan masyarakat kalangan bawah.
  3. Sebaiknya penggunaan komestik di wajah model Karenina tidak terlalu banyak, karena wajahnya akan terlihat tidak natural.
  4. Seharusnya para bandar narkoba dihukum mati agar membuat jera para pelakunya atau yang berniat untuk melakukannya.

Adapun contoh teks kritik beserta tanggapannya adalah sebagai berikut :

Contoh Teks Kritik

Omah PMIIi untuk Siapa?

Terimakasih senior!. Begitulah kiranya, ungkapan perasaan kader PMII sebagai respon atas peresmian Omah PMIIi 23 Juli kemarin. Berdirinya Omah PMIIi, meyakinkan kader PMII bahwa alumninya masih perhatian terhadapnya.

Pembangunan Omah PMIIi, ditujukan untuk memfasilitasi kegiatan yang diadakan oleh rayon, komisariat, maupun cabang PMII di Jogjakarta. Sebagai organisasi independent, PMII tentu  tidak memiliki  sumber pendanaan yang jelas.

Hal ini, mengakibatkan kader PMII sering kelabakan dalam masalah finansial ketika  mengadakan kegiatan. Disini, Omah PMIIi hadir menjawab masalah tersebut, dengan menyediakan tempat untuk kegiatan kadernya.

Semenjak diresmikan, Omah PMIIi sering dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan oleh  kadernya, dari tingkatan Rayon hingga Cabang DIY.

Selain karena biaya sewa yang sangat murah, lokasi Omah PMIIi juga strategis untuk diakses oleh kader – kadernya. Adanya Omah PMIIi, sangat membantu kelancaran proses kaderisasi di setiap tingkatan struktur PMII di DIY.

Tetapi, angin segar yang dirasakan oleh kader PMII dengan adanya Omah PMIIi, berubah arah. Hal ini dirasakan oleh kader, setelah mengetahui kebijakan baru tentang harga sewa Omah PMII

Tarif sewa baru ini, memang rasional untuk diterapkan. Pembaharuan tarif, diperlukan karena Omah PMIIi membutuhkan biaya operasional yang tinggi setiap bulannya.Untuk menutupi kebutuhan tersebut, Omah PMIIi disewakan kepada masyarakat  umum.

Tarif disesuaikan dengan jenis acara dan lama waktu yang dibutuhkan dalam mengadakan kegiatan. Solusi ini memang tepat untuk menjawab masalah biaya operasional.

Tetapi tak disangka, ternyata tarif baru juga diberlakukan terhadap kadernya sendiri. Tarif yang dipatok untuk kadernya yaitu 300 ribu per 6 jam.

Kebijakan tersebut memang  berdampak positif bagi Omah PMII dampaknya, Omah PMIIi sekarang  menjadi tenang, nyaman dan tentram. Hal itu dikarenakan, kader PMII sekarang jarang yang menggunakan Omah PMII

Kalau ada pribahasa “sejauh jauh burung terbang, akan kembali kesarangnya”, hal itu tidak terjadi kepada kader PMII. Kader bingung mau balik kemana, karena Omahnya tidak lagi ramah kepanya.

Tarif sewa Omah PMIIi, tidak sepadan dengan kantong yang dimiliki kadernya. Kalau dalam brosur Omah PMIIi tertulis, “Omah PMIIi Jogja Siap Menjawab Kebutuhan Anda!, menurut  penulis, slogan tersebut masih harus ditambahi, sehingga  menjadi  “Omah PMIIi Jogja Siap menjawab kebutuhan anda! Tetapi Tidak Siap Menjawab Kebutuhan kader Sendiri, hehehe”.

Yang menjadi pertanyaan mendasar adalah, sesungguhnya untuk apa Omah PMIIi dibangun?

A. Untuk memfasilitasi kebutuhan kader PMII

B. Untuk menjadi lahan bisnis, dengan harga sewa yang tinggi

C. A dan B benar

Mari kita tanyakan kepada rumput yang bergoyang, atau kepada suket teki juga boleh.

Tetapi, kita sebagai kader harus bijaksana menyikapi hal ini. Kita harus berpegang pada kata pepatah, bahwa “setiap kejadian pasti ada hikmahnya”.

Kalau husnudzan penulis, Omah PMIIi sengaja dimahalkan untuk kadernya, karena mereka ingin kader PMII tidak menjadi kader yang manja. Kader harus dibiasakan hidup susah, sehingga kader PMII ktritis dalam membaca realitas sosial.

Sebagai ungkapan yang  terakhir, penulis ingin mengatakan “terimakasih, kami terharu atas perhatiannya kepada kami selaku junior abang”.

Contoh Tanggapan Kritik

Tanggapan terhadap tulisan mengenai “TARIF ADUHAI, OMAH PMIII UNTUK SIAPA?”

Oleh : PENGELOLA OMAH PMIII

Assalamu’alaikum wb

Salam pergerakan

Terimakasih atas tulisan sahabat yang berjudul TARIF ADUHAI, OMAH PMIII UNTUK SIAPA?

Ada beberapa hal yang perlu kami jelaskan tentang tulisan yang provokatif, tidak beretika dan tidak komfirmasi lbh dahulu tersebut:

  1. OMAH PMIII JOGJA dibangun sejak puluhan tahun lalu dan puluhan tahun mangkrak karena memang tidak ada dana untuk melanjutkan.

Alhamdulillah dimulai lagi pembangunannya pd tgl 3 Agustus 2016 setelah melalui proses panjang pembahasan di YBHI (Yayasan Bhakti Harkat Indonesia) dengan menunjuk saudara Fauzi Rahman dan saudara Sony Amir sebagai pelaksana pembangunan.

Pembangunan ini dengan catatan tanpa imbalan apapun dari yayasan. Dan pembangunan dilakukan dengan cara IURAN MURNI dari Alumni PMII Jogjakarta  dan alhamdulillah tidak sampai 1 tahun selesai dan sudah diresmikan pada 23 juli 2017.

Sebagaimana kita saksikan bersama bangunan yang cukup megah dan artistik, dan yang paling membanggakan adalah bisa menginspirasi daerah2 lain utk juga membangun Omah PMII

  • Ada kalimat arif yang mengatakan bahwa MEMBANGUN ITU LEBIH MUDAH DARIPADA MERAWAT (meskipun kenyataannya membangun juga tidak mudah).

Kalimat inilah yang menjadi landasan YAYASAN  untuk mengelola OMAH PMIII secara profesional, karena perawatan tentu butuh manajemen pengelolaan yang baik, gedung terus bersih karena sudah ada yang merawat.

Perlu sahabat ketahui bahwa sebelum dikelola dengan profesional dan habis dipakai oleh sahabat-sahabat kita menyaksikan puntung rokok di mana-mana.

Sampah berserakan dan tentu meninbulkan bau yang tidak sedap, dan yang paling parah karpet di Mushala banyak berlubang akibat dari sahabat-sahabat yang merokok sembarangan

  • Dengan dikasih fasilitas yang menurut jami sudah GRATIS dan LUAS seperti ini masih ada tuntutan utk menempati 24 jam dan ahirnya akan jadi kos-kosan, dan inilah yang oleh Yayasan tidak disepakati, bahkan yang sangat kita hornati  KYAI A. MALIK MADANY mewanti wanti agar jagan sampai ditempati 24 jam apalagi bermukim permanen di lantai 3.

Tak terbayang apa yang akan terjadi tentunya. DENGAN FASILITAS YANG ADUHAI INI APA SAHABAT MASIH KURANG? Jadi sahabat-sahabat kalau mau mengadakan kegiatan yang gratis ya dilantai 3 tp kalau memakai Aula dan meeting room tentu harus mengikuti aturan yang disepakati oleh yayasan dan pengelola

  • Demi membiayai operasional gedung juga lantai bawah sudah disewa utk koperasi ALPMII, koperasi SARBUMUSI dan Ashhabul QORYAH  Inilah cara mengelola dengan profesional agar Omah PMIIi tidak kumuh seperti gedung-gedung milik kita lainnya.

ADAKAH YANG KURANG?  BERFIKIRLAH RASIONAL DAN BIJAK

Walllahul muwaffiq ila aqwamith thoriiq,  wassalamualaikum wr wb

Seperti itulah contoh kritik begitu pula tanggapannya. Semoga bermanfaat. Bagi temen-temen yang ingin mempelajari feature atau esai silakan bisa langsung klik tautan link https://www.academicindonesia.com/contoh-esai/

4 Comments

  1. Refer to is an unbelievable adequate act someone a refund in pleasure in ignoring of winning. woodybobs.com
    http://bit.ly/2NJRMyf

  2. Euhy says:

    775572 553762Woh Everyone loves you , bookmarked ! My partner and i take issue in your last point. 834820

  3. snryrsiwt kgisr ppfqxum cunn mtotimwrdmbcmwj

  4. Homepage says:

    … [Trackback]

    […] Read More: woodybobs.com/contoh-kritik/ […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *